Apa, sih, yang Dibutuhkan untuk Perjalanan ke Luar Negeri?

Melakukan perjalanan ada beragam tujuan, jenis, dan manfaatnya. Ada yang melakukan perjalanan untuk berlibur, ada yang melakukan perjalanan untuk menyelesaikan urusan bisnis, ada juga yang melakukan perjalanan untuk urusan pendidikan atau menuntut ilmu. Melakukan perjalanan pun bisa ke berbagai tempat tujuan, dari tujuan yang dekat hingga tujuan yang jauh seperti luar negeri. Meskipun demikian, tentunya melakukan perjalanan ke luar negeri itu tidak semudah melakukan perjalanan ke tempat yang lebih dekat atau domestik. Persiapan yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri pun bisa dibilang lebih banyak dan lebih membutuhkan persiapan yang matang.

Kira-kira persiapan seperti ini lah yang Anda butuhkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri:

1. Visa dan passport

Tidak usah ditanya lagi, visa dan passport merupakan benda paling wajib yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. Visa dan passport menjadi wajib karena Anda sendiri pun tidak akan bisa memasuki negara tujuan Anda itu tanpa kedua dokumen ini, visa dan passport menjadi semacam ‘tiket’ atau lebih tepatnya izin masuk Anda yang merupakan warga asing untuk masuk, selain tentunya juga sebagai tanda pengenal Anda di sana. Bagi Anda yang ingin melakukan pejalanan ke luar negeri dengan negara tujuan Eropa, visa yang Anda miliki bahkan harus dibarengi dengan kepemilikan asuransi perjalanan luar negeri, tepatnya asuransi yang berjenis Schengen. Tanpa asuransi perjalanan luar negeri ini, Anda bahkan tidak bisa mendapatkan izin visa.

2. Asuransi perjalanan luar negeri

Asuransi bukan hanya bisa untuk rumah, mobil, dan kesehatan seperti yang sudah banyak dikenal orang, ada juga asuransi untuk perjalanan yaitu asuransi yang bertanggung jawab memberikan pertanggungan atau penjaminan pada perjalanan Anda (entah itu perjalanan domestik atau perjalanan ke luar negeri). Nah, khusus untuk perjalanan ke luar negeri, asuransi untuk perjalanan tentunya menjadi lebih dibutuhkan bahkan wajib untuk Anda miliki. Kenapa? Karena semakin jauh jarak atau tujuan perjalanannya, semakin rentan pula perjalanannya. Anda pasti sadar bahkan untuk melakukan perjalanan ke tempat yang biasa kita lewati atau kunjungi seperti sekolah atau tempat kerja pun, kita masih bisa mendapatkan resiko yang tidak terduga. Apalagi melakukan perjalanan yang jauh seperti luar negeri, bukan? Asuransi perjalanan luar negeri inilah yang akan membantu Anda untuk terhindar dari resiko atau setidaknya terminimalisirkan resikonya.

3. Uang dan bekal

Most of all, yang paling penting untuk Anda persiapkan adalah uang dan bekal. Pastikan bahwa uang dan bekal yang Anda bawa untuk melakukan perjalanan itu adalah cukup agar Anda tidak susah sendiri nantinya. ‘Bekal’ yang dimaksud di sini bukan hanya berarti makanan, tapi juga hal-hal lainnya semacam pakaian, dan apa pun itu yang kira-kira Anda butuhkan nanti di sana.

4. Alat komunikasi dan dokumentasi

Alat komunikasi menjadi salah satu hal yang paling penting untuk Anda bawa di sini karena alat inilah yang bisa menghubungkan Anda dengan keluarga atau kerabat di tempat asal Anda. Selain itu, Anda juga pastinya ingin merekam atau mengabadikan momen-momen Anda selama berada di luar negeri yang mungkin tidak bisa selalu terjadi itu.

Demikianlah sekiranya apa-apa saja yang paling Anda butuhkan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Pastikan Anda memiliki kesemua hal itu agar perjalanan Anda pun bisa menjadi lebih menyenangkan dan terhindar dari hambatan. Selain keempat poin yang saya sebutkan di atas, Anda juga pasti ingin membawa barang-barang yang Anda anggap penting atau barang-barang yang tidak bisa jauh-jauh dari Anda. Misalnya saja saya yang harus menyertakan buku untuk dibaca dan earphone atau headset untuk mendengarkan musik setiap kali saya bepergian ke suatu tempat.

packing

Advertisements

2 thoughts on “Apa, sih, yang Dibutuhkan untuk Perjalanan ke Luar Negeri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s