The ‘Sunny Side’ of Everything

Cahaya yang menerobos masuk ke ruang yang gelap dan tertutup rapat dengan sangat keras kepala, mungkin itu adalah perumpamaan yang paling cocok mendeskripsikan diri ini.

Aku ini keras kepala sekali ketika menyangkut hal-hal baik yang ingin aku lihat pada diri orang lain. Seburuk apa pun kelihatannya, pikiranku selalu saja mencari celah kebaikan yang bisa aku lihat dalam diri mereka.

Mungkin itu sebabnya semesta mengarahkan kedua orangtuaku untuk memberikan aku nama yang mengandung cahaya, meskipun sebenarnya namaku ini terinspirasi dari artis India.

Tapi, matahari memang keras kepala, bukan? Tidak peduli sesakit apa pun makian orang atas panas dan teriknya di siang hari, esoknya ia akan tetap muncul kembali. Walaupun kadang suka sembunyi di balik awan karena butuh waktu sendiri, atau membiarkan bumi bertemu malam karena menyadari bahwa bulan pun butuh teman.

Beberapa orang pernah bilang bahwa kadang ada ruang yang memang tidak bisa dimasuki cahaya, kehidupan tidak selalu seterang yang kita kira, dan pikiran positifmu mungkin hanya akan berujung pada kecewa. Meskipun demikian, hidup selalu penuh dengan harapan dan itu satu-satunya yang bisa kita pupuk untuk terus melangkah ke depan, kan?

Jika segala hal selalu mempunyai sisi terang dan sisi gelap, apa yang kau lihat tergantung dari di mana tempatmu berpijak. Bukan hanya menyangkut pribadi seseorang, tapi juga apa pun yang terjadi padamu dan sisi mana yang kau percayai sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s